photo dirumah-nurina-merah-468.gif

Wednesday, April 17, 2013

Terpaksa Rawat Inap

Nah sekarang saya akan bercerita saat di rumah sakit. 

Masih bisa jalan tuh ke IGD atau Instansi Gawat Darurat. Dengan kondisi perut yaaa.. masih sakit :D 
Semua bagian di tekan - tekan dan ga main-main rasa sakit nya :( 
Sempat dikira usus buntu, tapi ya semua bagian sakit tuh. Sedangkan setahu saya, usus buntu kan sakit di perut kanan bawah. Test darah & test urine. Hasilnya? Leukosit tinggi sekali, hampir 2x lipat batas normal. Ya emang lagi berpesta pora aja tuh bakteri di perut saya. Walaupun masih belum jelas, apa penyebab keram perut nya. 

Atas saran dokter di IGD yang akan memanggil dokter bedah malam itu juga, saya sudah pasrah untuk di opname. Dokter bedah datang, tekan perut.. ya masih sama. Sakit dimana pun pak dokter tekan :( 
Kesimpulannya, USD Abdomen besok pagi. 

Jadilah Kamis 4 April saya buka kamar (hahaha istilahnya) di RS Permata. Alhamdulillah banget gaji dari Oriflame sudah masuk, jadi bisa bayar DP dulu. Hihihihi... 

Pagi-pagi dokter Syahril (dokter bedahnya) sudah datang, karena masih sakit dan masih ga jelas karena apa, beliau merujuk dokter penyakit dalam. Kesimpulannya? Masih sama! Harus nunggu USG Abdomen, yang ntah kenapa jadwal nya jadi sore hari! Padahal semalam dibilang pagi loh. Sebel kan, menunggu kesakitan tapi ga ada tindakan apapun? 

Lewat jam 4 sore baru saya dibawa ke ruang radiologi untuk usg abdomen. Sakit? Ya masih lah kalau di tekan-tekan. Dokternya pun bingung :D 
Hasil usg nya, kemungkinan hamil di luar kandungan dan menyebabkan radang di rahim (kurang lebih begitu deh, saya juga lupa persisnya). Kelanjutannya? Test urine.

Hasilnya? Negatif. Dan lagi-lagi saya harus menunggu kunjungan dokter keesokan hari nya. 

Baru Sabtu sore saya bertemu dokter kandungan dan dipertemukan dengan dr. Fredrico Patria, spog, masih dengan nyeri perut yang sama. Sekilas USG luar ada "sesuatu" dan saya pun memberitahu dr. Dico (sok akrab dikit lah) bahwa 4 tahun lalu pernah ada Adenomyosis di rahim. 

Lalu dr. Dico melakukan USG transvaginal, kalau 4 thn lalu si adeno ini masih berbentuk lapisan-lapisan semacam kumpulan rambut yang menempel di dinding rahim. Sekarang ini si adeno sudah berbentuk bulatan dan kondisinya lengket :( 

Dan ternyata ada kista nya juga, 2 biji walaupun masih ukuran kecil. 

dr. Dico tidak langsung menyarankan operasi angkat rahim, melainkan menerangkan ada 2 cara pengobatan. 

1. Suntik hormon. Dilakukan paling banyak 3x setahun, dengan jarak 4 bulan setiap masa suntik. Tidak menjamin adeno akan hilang. Mengecil mungkin. Efek samping mempercepat menopouse dan mengakibatkan osteoporosis.  

2. Operasi angkat rahim. Pastinya biaya yang tidak sedikit. 

Insyaa Allah dari 4 thn lalu pun saya dan suami sudah setuju untuk angkat rahim. Kalau memang pengobatan biasa tidak bisa menghilangkan penyakit, ya mending penyakit nya di angkat aja kan? 

Karena penyakit saya sudah specifik dan ditangani dokter kandungan, saya harus pindah kamar. RS Permata punya kamar khusus untuk wanita. 

Sampai Minggu malam belum ada aba-aba pindah kamar. Tapi rasa nyeri di perut sudah hilang, saya bisa makan dengan enak, bolak balik badan, batuk tanpa rasa sakit, tertawa, dll. Ternyata, di dalam infusan saya ditambahkan obat penghilang nyeri. Ooooooo pantesan :D 

Dokter datang malam hari, nanya aja sih tepatnya, "sudah enakan bu?" Yaaa dibilang enakan sih iya, udah ga nyengir meringis kalau gerak, dan udha bisa makan itu kan Alhamdulillah banget :) 

Senin menjelang siang, baru pindah kamar ke gedung baru RS Permata. Ambil jenis kamar yang sama, tapi karena gedung baru, kamar nya lebih keren :) 
Ditambah walaupun ada 4 tidur, saat itu saya sendirian. Wuihh.. berasa di ruang VIP deh. 

Ga lama  dokter Dico datang, yang menurut saya sih dia tuh ga terlalu menyarankan operasi loh. Karena ga terlihat mendesak "ayo bu, operasi bu". Padahal saya mah udah siap aja. Dia memberi obat nyeri dosis tinggi. Dan tetap observasi lagi. 

Selasa pagi, saya merasa sudah enakan. Dan ternyata dokter pun ga ada jadwal berkunjung. Ya mau ngapain? Ya pulang aja kan? 

Jadi kesimpulan penyakit saya apa dong? 
Yaaa... infeksi lambung iya (atau usus kali ya), tapi juga ada adenomyosis dan kista di rahim. 

Terus yang bikin perut keram itu apa? 


 


No comments: