photo dirumah-nurina-merah-468.gif

Wednesday, April 17, 2013

Adeno oh Adeno

Namanya penyakit itu emang bagus-bagus yah? Karena pake nama latin gitu jadi seseram apapun penyakitnya, jadi lucu aja gitu :P 

Sudah baca postingan saya di sini dan dan sini kan? 
Penyebab sakit atau keram perut saya itu salah satunya ya ada benda asing di rahim. Yang istilah kedokterannya dinamakan Adenomyosis. 

Apa itu Adenomyosis? 
Kalau ambil dari blogspot nya Dr. Suryo Wibowo, MKK, SpOK    (maaf ga pake izin dulu ya dok), Adenomyosis adalah penetrasi dan bertumbuhnya jaringan endometrium (jaringan yang melapisi dinding dalam rahim) ke dalam myometrium (lapisan otot rahim), sering disebut pula dengan endometriosis internal. 

Jadi penyakit ini sejenis dengan endometriosis.

Ehem, mau informasi lengkapnya mah baca blogspot nya Dr. Suryo itu aja yaa... ga enak kalau copy paste kebanyakan. Hehehehe...

Sekitar 4 tahun yang lalu saya pernah merasakan nyeri haid yang akhirnya membuat saya harus berkunjung ke dokter kandungan di salah satu rumah sakit daerah Buncit. Setelah cek darah dan usg ditemukanlah si Adenomyosis ini. Pada saat itu dr. Shinta Utami, spog sudah menyarankan untuk angkat rahim. Dengan pertimbangan saya sudah punya anak dua dan tidak ada rencana tambah anak. Usia juga sudah diatas 35 thn. 

Saat itu dengan kunjungan dokter berkali-kali, test ini itu, akhirnya saya dan suami memantapkan diri untuk bilang, "operasi angkat rahim saja" 

Jadi buat teman-teman yang menyarankan second opinion, bukannya saya tidak mencoba. Ini memang penyakit lama yang ntah kenapa atas kuasa Allah SWT muncul lagi. Oh iya, saat dibilang angkat rahim pun saya sempat kok ke RS Permata Cibubur untuk meminta second opinion. Dan saat itu pun dokternya menerangkan hal yang sama. 

Efek samping jika menggunakan suntik hormon, dll,dsb. 

Menjelang akhir tahun kan kegiatan saya di kantor sibuk banget tuh, jadi jadwal operasi tertunda. Dan begitu siap mau operasi, saya sudah tidak pernah merasakan nyeri haid. Hahahaha.... Alhamdulillah. 
Jadi? Ya ngapain operasi? 

Kan dr. Shinta pun bilang, kalau emang kuat nahan sakit ya ga perlu operasi. Nah ini ga sakit sama sekali? Enak dong. :) Alhamdulillah 

OK, balik cerita ke masa kini yah. Pulang dari rumah sakit Selasa, kondisi fisik masih belum terlalu sempurna. Masih sering lelah, ngantukan. Ga bisa duduk lama, jadi kerja depan komputer pun ga bisa lebih dari 2 jam :( 

Sabtu nya saya mens. Dan tiba-tiba rasa nyeri haid yang dulu saya rasakan kembali saya rasakan :(  Untungnya persediaan obat Ketesse aman. Walaupun dr. Dico memberikan obat Patral untuk rasa nyeri ini, tapi karena kandungan morphin obat tersebut tinggi, saya belum mau menggunakan. Pake obat dosis kecil aja dulu deh. 

Dua hari tuh kesakitan, hari Minggu ada acara pengajian undangan mba Prita Kemal Gani dan mas Kemal. Wajib datang.  Sebelnya karena lambung juga bermasalah, suami saya tuh tetap tidak mengizinkan saya makan makanan pedas. Padahal ada sate Padang loh. :p 

Perjalanan pulang perut sudah mulai kesakitan lagi. Sampai Picasso (rumah Uni dan Ira), saya minta istirahat dulu, mau minum teh hangat. Dan sempat keringat dingin lagi. Duh sakit banget sih? Astaghfirullah. 

Minum teh dan langsung pup :D 
Abis itu agak enakan dikit, lanjut minum Ketesse. Biar aman. 

Senin dr. Dico praktek. Sudahlah, ga usah nunggu tanggal 17 (jadwal kunjungan). Saya percepat saja.  Kalau memang bisa operasi, ya disegerakan saja. Pikir saya dan suami tentunya. 

Ternyataaaaa.... operasi pengangkatan rahim tidak semudah operasi caesar saudara-saudara hhihihihi... tetap ada proses pendahuluan. 

Tetap harus suntik hormon dulu untuk memisahkan adenomyosis yang lengket. Harus ada cek darah dan jantung. Hhmm... baiklah. 

Kami liburan ke Padang dulu di awal Mei, smoga keajaiban terjadi :D 

Kalaupun si adeno masih ada, insyaa Allah jadwal operasi akhir bulan Mei. Bantu doa yaaaa






dysmenorrhea

No comments: