photo dirumah-nurina-merah-468.gif

Monday, December 12, 2011

Perfect Combination :(

Bukan sesuatu yang menyenangkan penggabungan kedua hal ini, melainkan kesengsaraan bagi si penderita, yakni Nasta anak tertua ku. 


Dari bayi Nasta memang menderita alergi dan asma, turunan dari pihak ayah. Sang Opa pembawa gen nya :(  Sejak tahu Nasta asma, segala macam boneka berbulu kami hindari. Rumah tanpa karpet, kamar tanpa buku, dan hal-hal lain yang menyebabkan penumpukan debu. 


Alhamdulillah melewati usia 5 tahun, pelan-pelan batuk nya sudah jarang. Biasanya sebulan sekali batuk, sempet deh 3 - 4 bulan sekali. Itu pun jarang yang parah banget. 


Sejak kelas 3 ini, ntah kenapa Nasta jadi ringkih lagi :( Sebulan sekali sakit, dan dalam sebulan itu bisa 3 - 4 hari ga sekolah. 


Dua minggu lalu, pulang sekolah Nasta sudah ngeluh "perut ku sakit, tenggorokan ku juga," alamak.. bakalan batuk lagi nih pikir ku. Dan malam nya puny dia langsung batuk² dilanjutkan dengan demam. Lalu keluhan perut sakit .. minta dihangatkan dengan botol isi air panas. 


Hari Minggu nya karena ga tega liat Nasta sesak gitu, kami bawa ke dokter di klinik 24 jam. Dapat "jatah" istirahat 1 hari, yakni Senin. Istirahat yah Nak. 
Keesokan hari nya, kondisi Nasta memburuk, sesak nafas nya smakin parah, keringat dingin.. pagi-pagi dibawa ke klinik untuk inhalasi, apa daya nebulizer nya di bawa oleh sang dokter ke rumahnya. 


Karena ada urusan, ayah pergi. Tapi saat ayah pergi, aku liat Nasta semakin mengkhawatirkan. Sekujur tubuh nya dingiiiiiiiiiiinn.. tapi dia bermandikan keringat. Jadi ingat almarhum papa mertua, kondisi seperti ini mengindikasikan dia kesakitan sangat. 


Aku bawa lagi ke dokter yang agak jauh dari komplek. Nekat banget bawa mobil deh. Sempet nyasar, alhamdulillah sampe juga. Tanpa ba bi bu lagi, dokter Sandra menyuntik Nasta untuk melegakan pernafasannya. Dan melihat kondisi Nasta, bu dokter memastikan, "anak ibu kena tipes" 


Dilihat dari kondisi Nasta dan lidah nya yang putih keruh. Ditawarkan untuk cek darah, tapi biasanya dengan liat kondisi seperti ini, udah jelas banget anak ibu tipes, kata bu dokter lagi. 


Beberapa hari istirahat lagi di rumah, alhamdulillah sudah membaik. Dan Nasta pun siap sekolah hari Senin berikutnya. 9 hari istirahat di rumah, ga kemana-mana (termasuk ibu tentunya), maka Nasta pun sekolah. Ulangan umum! 


Pulang sekolah, Nasta tidur di mobil... lanjut tidur di rumah ... masih ga main... malam nya ... hiks.. batuk-batuk lagi... dan sesak nafas lagi subuh nya.. 


Langsung deh di bawa ke RS Permata, karena bu dokter yang periksa Nasta itu baru praktek agak siangan. 


Inhalasi pagi selesai, dapat obat Ventolin juga. Suster kepala aka Nenek dengar Nasta kambuh lagi, langsung datang pagi itu juga :) 


Menjelang siang, kondisi Nasta kembali memburuk. Mulai lagi deh tuh keringat dingin, badan dingin... hiks.. harus ke dokter lagi nih. 


Sore nya dibawa lagi ke RS Permata, cek darah.. dan memang tipes :( Leukosit 22.000 sedangkan batas normal adalah 4.000 - 12.000 


Perpaduan antara asma dan tipes, bikin badan Nasta menciut.. beneran tinggal tulang deh tuh badan. Hiks.. 


Malam nya langsung check in di Mirah 2 - RS Permata. 
Empat malam nginep di rumah sakit, dan alhamdulillah, cek darah terakhir, leukosit nya sudah normal. 


Dan sekarang ini, nafsu makan Nasta sudah normal. 


Smoga kembali pulih dan sehat plus montok ya Nak. 

No comments: