photo dirumah-nurina-merah-468.gif

Monday, August 28, 2006

Jadi orang jujur itu susah ga sih?

Jadi orang jujur? Susah ga sih?

Kalimat di atas merasuki pikiran gw bbrp hari terakhir ini. Jujur disini lebih tepat nya jujur kepada diri sendiri. Terinspirasi oleh seorang kawan baik yang baru berkunjung. Sudah 10 tahun gw kenal ma teman baik ini. Dulu sekantor, she's smart. She's younger than me, and smarter. Nyebelin ga sih? Hehehehhee

Dari dulu gw tau dia orang nya straight too the point. Ntah lah, mungkin juga ciri khas orang pintar, yang memang tau the reason why she or he did that, jadi selalu ada alasan untuk berkelit atau -membantah-. Tapi mungkin dia ga tau aja kalo gw 'agak' iri dgn kelebihannya itu.

Anyway, yang gw mo ceritain disini, dia sudah lebih dulu menjadi orang yang selalu kritis. Teman gw itu datang dengan suami dan kedua anaknya, anak terakhir berumur kurang dari 2 bulan. Berani banget bawa anak bayi dari England ke Jakarta. Eits.. jangan salah. 6 tahun yg lalu dia bawa anak pertamanya ke Jakarta sendirian, dan si anak berumur kurang dari 1 bulan!! Fantastis. Kalo gw yg pergi bawa bayi gw, pada heboh tuh pasti. Gw aja bawa Nasta dan Nara keluar rumah setelah mreka berusia 40 hari (kecuali utk urusan ke dokter). Waktu Nasta sih karena menurut orang tua, dilarang bawa anak keluar rumah seblum 40 hari, anak kedua lebih rasionalis, banyak virus beterbangan di luar sana. Ga mau nanggung resiko, mending gw tahan diri aja. Make sense kan?

Si teman mengekahkan anak kedua nya, gw datang pas syukuran. 3 tahun tidak ketemu, walaupun Alhamdulillah teman gw ini cukup rajin nelpon. Bikin gw kangen juga dengan celotehannya. Yang blak-blak-an. Apa adanya. Ceritanya, adik teman gw ini iri, melihat suami teman gw sangat gape mengganti diapers, menyusui bayi mreka (botol lho). Dan juga bercerita, di mall tanpa menunggu 'perintah' istrinya, ketika sang anak buang hajat, suaminya yang bule itu, langsung membawa sang anak ke toilet dan mengganti diaper nya. 'bikin iri deh. Laki gw mana mau,' kata adiknya. Ada nada iri, kagum dan apa yah? Sebenernya hari gini sih, para ayah menggantikan diaper bayi sudah tidak heran, tapi memang masih banyak juga kok para ayah yang tidak terlalu ikut campur mengurus anak saat mreka masih berusia bulanan. Contoh: laki gw kurang gape ganti diaper Nara, tapi udah jago mandiin dan suapinin Nasta. Lumayan juga kan? Dulu sih bikin susu Nasta ga mau, takut salah takar. Gitu alasannya, padahal kan gampang banget. Tapi sekarang? Dah jago banget. Tapi emang belum bisa nyusuin Nara, ya iya lah.. wong Nara masih nyusu ma' gw, hehehe.
Tapi yang bikin gw kagum atau takjub atau apa yah .. mengelus dada mungkin? Alasan teman gw yang amat sangat masuk di akal, tapi gw yakin tidak semua orang kepikiran. Mau tau? Alasan dia adalah, "gw kan udah hamil sembilan bulan, udah ngelahirin, nyusuin (ASI). Sedangkan laki gw ga ngapa-ngapain. Masa dia ga mau bantuin? Enak banget." Masuk akal kan? Emang dasar teman gw agak geblek, dia bilang lagi, "gw bilang ke laki gw, kan gara-gara elo gw tinggal di England. Kalo gw tinggal di Jakarta, gw akan punya pembantu, punya baby sitter punya banyak orang yang akan bantu gw." Hehehehe… sengaja juga dia pake alasan itu, biar laki nya ngerasa bersalah. Dan siap membantu. Ah . . teman, emang suami lo aja yang baik banget. Dia cerita, di sana dia terkenal dengan Mrs complain. Ke restoran bawa keluarga besar, anaknya menangis otomatis dia nyusuin anaknya di meja makan. Petugas restoran dengan tidak enak hati menyampaikan rasa keberatan atas nama pelanggan lain. Tanpa sungkan dan ragu, dia berdebat panjang dan akhirnya, SEMUA MAKANAN GRATIS.

Mungkin kalo orang yang tidak terlalu mengenal dia, akan mengatakan dia itu orang nekat atau sedikitnya akan bilang, she's cracy. Well, she is. Tapi menurut gw, dia orang yang amat sangat jujur. Mungkin untuk sebagian orang, kejujuran seperti itu akan dibilang kurang ajar, tidak sopan, dll.

Tapi akhirnya gw jadi berpikir, apa iya mengatakan hal-hal yang tidak kita senangi, tidak kita kehendaki itu salah? Gw termasuk orang yang menghindari konflik. Yang ada jd suka memendam masalah, dan berharap masalah akan hilang dengan sendirinya. Contoh: pembantu atau baby sitter melakukan hal kecil yang sebenarnya tidak pantas, instead of menegur mreka langsung gw akan menunggu saat yang pas. Tapi biasanya 'saat pas' itu tidak terjadi. Bisa karena gw sudah 'melupakannya' atau ya itu, malas. Atau contoh lain, kesel ma’ suami. Bukannya langsung diselesaikan, biasanya gw nunggu timing yang pas. Tapi ya itu, suka udah lupa ma' kasus nya atau udah malas, malas ribut atau paling tidak malas bikin keributan. Padahal kalo dipikir-pikir, kalo pada saat kesal, saat masalah nya timbul, langsung diomongin pun ga ada salahnya kan? Tinggal kita nya aja kudu pintar-pintar ngatur emosi. Jangan sampai masalah yang sebenarnya kecil, karena ga pintar ngatur emosi, malah kacau balau. Susahnya lagi, gw termasuk orang yang ga mau bikin ribut. Dan mungkin juga orang yang ga mau punya musuh. Padahal ga ada salahnya juga kali yah punya musuh, kalo emang harus dimusuhi? Hehehe.. bener ga sih?

Kenapa susah banget buat gw untuk mengatakan apa yang gw mau, langsung pada tujuan. Gw cenderung untuk mencari-cari kalimat panjang, dan akhirnya udah ga terasa gereget permasalahannya.

Gw cuma pengen belajar jujur, jujur kepada diri sendiri terutama. Susah ga sih?

No comments: