photo dirumah-nurina-merah-468.gif

Thursday, April 16, 2015

Makanan Pencetus Alergi

Nasta (bentar lagi 12 tahun) sejak bayi sudah ketahuan berbakat alergi. Satu - dua bulan sekali batuk :( 
Dulu pernah ke dokter anak spesialis alergi, maaf saya lupa namanya. Antri nyaaa... dan bisa-bisa dapat giliran masuk ruang dokter jam 1 malam! Kasihan deh anak (anak) nya. Udah lah lagi sakit, di bawa jalan ke dokter malam-malam, dulu kami tinggal di Depok. Dokternya di daerah Kebayoran Baru. Kesimpulannya, Nasta ada bakat asma. Karena dari pihak suami, memang ada turunannya. Opa nya Nasta, asma. Salah satu pencetus adalah alergi. Tidak ada obat alergi (saya inget banget omongan pak dokter bagian ini), yang bisa dilakukan adalah menghindari pencetus alergi. Seperti : debu, tungau, coklat, tomat, dan yang lain saya lupa. 

Tindakan pencegahannya : 
  1. Tidak boleh ada buku-buku di dalam kamar, karena tumpukan buku bikin banyak debu. 
  2. Gorden di cuci 2 minggu sekali 
  3. Bersihin AC kamar minimal 1 bulan sekali 
  4. Tidak boleh ada karpet!
  5. Boneka bulu 
Alhamdulillah, Oma Lies pengertian banget... semua karpet di tarik dari tempat nya hehe..
Nasta ulang tahun pertama, dapat banyaaak sekali hadiah boneka berbulu. Langsung di simpan. Kasihaaaan... :)


Singkat cerita perjalanan Nasta selama hampir 12 tahun dengan batuk, sesak nya masih berlanjut. Sigh .... 

Dua bulan lalu di kasih rejeki untuk menginap di hotel Rumah Sakit Permata Cibubur hehehe... karena sudah seminggu sakit (batuk dan sesak), ternyata lanjut kena typhus hikss.. 
dr. Sandra udah mewajibkan opname, karena lihat hasil darah. Karena kalau perawatan di rumah, dr. Sandra khawatir perut Nasta ga kuat (karena obat). 5 hari di rumah sakit, ketinggalan try out 1, badan kurus.. ya dinikmati aja deh. 

Nah.. dua hari lalu, Nasta mulai flu. Pilek. Tanpa batuk. Alhamdulillah, Nasta (sepertinya) nurut untuk tidak makan coklat, apapun bentuknya, minimal ujian akhir selesai. Tapi sayangnya, kami tidak tegas melarang Nasta untuk tidak makan es / minuman dingin, permen, dan mie.
Mulai semalam Nasta menunjukkan gejala batuk... duuh.. ga bisa didiemin kalau batuk, karena bisa berakhir sesak nafas. Jadi tadi pulang les, saya antar ke dr. Sandra.

Daaan... resmi sudah .. keluar list pantangan makanan untuk Nasta. Makanan pencetus alergi, dan kalau sudah muncul alergi jadi batuk dan bikin sesak. 

Sabar ya nak, ikuti aturan tante dokter. Semua demi kebaikan kakak. 



No comments: